Tips Anti Gagal untuk Berhenti Merokok dari Klikdokter.com, Wajib Dicoba!

Bahaya Merokok atau Menghirup Asap Rokok Saat Hamil

Kebiasaan merokok merupakan suatu hal yang sangat sulit bagi seseorang untuk berhenti. Para pecandu rokok selalu kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Rencana berhenti merokok selalu menjadi angan-angan saja bagi para pecandu. Untuk itu perlu adanya strategi jitu agar para pecandu bisa berhenti merokok.

5 Langkah Mudah Berhenti Merokok untuk Segala Kalangan

Ada lima langkah yang bisa dilakukan oleh para perokok jika mereka ingin berhenti merokok. Konsep utama dari berhenti merokok adalah menghilangkan kebiasaan, setelah itu menghilangkan kebutuhan secara psikis. Jika dua hal tersebut bisa dilakukan maka berhenti merokok tidak mustahil, berikut ini lima tipsnya.

  • Perlu Adanya Alasan Kuat

Tanpa adanya alasan kuat, berhenti merokok sangat sulit dilakukan. Buatlah sebuah alasan kuat selain faktor kesehatan pribadi untuk berhenti merokok. Mengapa bukan alasan kesehatan pribadi karena secara psikologis para perokok sudah acuh terhadap kesehatan diri sendiri.

Sebagai contoh alasan kuat berhenti merokok adalah anda akan punya anak. Jika kelak istri anda memiliki anak maka anda sebagai ayah tidak boleh mencemari lingkungan rumah dengan asap rokok anda. Apakah mungkin sebagai seorangan ayah anda tega membahayakan kesehatan anak anda yang baru lahir.

  • Antisipasi Waktu Kebiasaan Merokok

Biasanya para perokok berat akan segera menyalakan rokoknya ketika ia bangun tidur. Hal ini sebenarnya bisa anda mitigasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah bermesraan dengan istri, atau segera pergi mengurus anak untuk mengawali pagi anda.

Bisa juga anda menggunakan alat untuk menyibukkan tangan anda agar tidak gatal untuk mengambil rokok. Salah satu yang paling gampang adalah bermain koin atau bermain korek api. Dengan menyibukkan tangan anda di pagi hari maka kebiasaan merokok anda akan berkurang.

  • Kurangi Waktu Luang

Biasanya ada juga orang yang merokok karena terlalu banyak memiliki waktu luang. Biasanya para fresh graduate memegang rokok karena pengaruh nongkrong bersama teman yang tidak produktif. Kegiatan semacam ini bisa dihindari dengan cara cepat mencari pekerjaan agar anda sibuk.

Jika anda sibuk maka kebutuhan rokok anda akan berkurang. Mitos tentang para perokok berat tidak bisa bekerja efektif tanpa merokok hanyalah sebatas isapan jempol belaka. Sudah banyak survei membuktikan bahwa sekalipun seseorang merupakan perokok berat ia lebih memilih tidak merokok saat pekerjaan banyak.

  • Perbaiki Manajemen Stres

Stres adalah salah satu alasan dari seseorang untuk menyalakan rokok. Padahal manajemen stres bisa dilakukan dengan berbagai cara tidak harus merokok. Salah satu alternatif untuk mengurangi kebiasaan merokok adalah menggantinya dengan bermain game.

Hindari permainan moba karena anda justru akan lebih stres saat memainkannya. Pilih permainan yang ringan seperti genre balap atau permainan olahraga. Bermain game MMORPG juga bisa menjadi penghilang stress karena game ini tidak membutuhkan pemikiran yang tajam.

  • Jangan Membawa Rokok Atau Korek Api

Jika anda serius ingin berhenti merokok maka haram hukumnya bagi anda untuk membawa rokok atau korek api saat anda melakukan aktivitas. Tidak peduli apapun alasannya jangan sampai anda membawa korek api atau rokok dalam tas anda. Hal ini untuk mencegah alam bawah sadar anda untuk menyalakan rokok.

Seseorang dengan kebiasaan merokok yang tinggi bisa saja secara tidak sadar menyalakan rokok karena sudah merupakan insting. Bisa saja karena ada kopi di meja, atau ada teman yang menyalakan rokok. Apapun alasannya jangan sampai anda membawa dua item tersebut.

5 tips di atas bisa anda aplikasikan sesuai dengan kondisi ketergantungan anda. Untuk mengecek tingkat ketergantungan anda bisa menggunakan tools pengecek tingkat ketergantungan nikotin dari klikdokter.com. Dengan menggunakan tools tersebut anda bisa mengetahui kadar ketergantungan anda secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *