Kuliner Khas Jogja Yang Paling Ngehits

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Jogja selalu menjadi pilihan utama bagi para pelancong yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Ya, terang saja demikian, sebab di kota Jogja ini ada banyak sekali destinasi wisata yang unik dan menarik. Tak hanya destinasi wisatanya, Jogja juga memiliki beragam kuliner khas yang tentunya harus kita coba seperti di bawah ini.

1. Gudeg

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa gudeg ini merupakan ikon kulinernya kota Yogyakarta. Itu sebabnya, tak sulit bagi kita untuk menjumpai para pedagang yang menjajakan gudeg, entah di kelas kaki lima maupun kelas restoran. Gudeg itu sendiri terbuat dari buah nangka muda, yang kemudian dimasak dengan beragam bumbu rempah-rempah. Selain memiliki cita rasa yang lezat dan mengenyangkan perut, harga satu porsi gudeg Jogja juga relative murah lho.

2. Sate Klatak

Di urutan kedua ada sate klatak, yang bahan dasarnya menggunakan daging kambing. Tekstur dagingnya begitu empuk, yang dijamin akan membuat lidahmu bergoyang saat menyantapnya lho. Apalagi saat disiram dengan bumbu kecap manis serta beragam lalapan, sehingga kamu tidak bisa berhenti untuk mengunyah. Kamu pun akan dengan mudahnya menjumpai para pedagang sate klatak di sepanjang jalanan kota Yogyakarta.

3. Bakpia Phatuk

Sebagai pencuci mulutnya, tentu saja bakpia phatuk ini merupakan pilihan yang paling tepat. Ya, bakpia phatuk memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur padat dan empuk. Pastinya bakpia phatuk ini wajib kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Adapun mengenai beragam varian rasa yang tersedia, mulai dari rasa coklat, kacang hijau, susu, vanilla, keju, dan masih banyak lagi.

4. Kue Geplak

Oleh-oleh khas Jogja berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni bernama kue geplak. Kue tradisional khas Jogja ini terbuat dari campuran tepung, kelapa parut, dan gula pasir. Rasanya yang manis dengan tekstur empuk, tentu saja sangat cocok dijadikan cemilan di waktu santai. Pada umumnya, kue geplak ini tampil dengan warna-warna cerah yang unik seperti hijau, merah, kuning, dan lain sebagainya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *